ABSTRAK
Fitryani,
Eka Nurul. Pengaruh Video Motivasi dan
Minat Terhadap Kemampuan Menulis pada Siswa Kelas VIII MTs di Kecamatan
Arjosari Pacitan Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI
Pacitan, 2014
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran video motivasi
terhadap kemampuan menulis siswa kelas VIII MTs tahun pelajaran 2013/2014,
untuk mengetahui adanya pengaruh minat belajar siswa terhadap kemampuan menulis
siswa kelas VIII MTs tahun pelajaran 2013/2014, dan untuk mengetahui adanya interaksi
antara keduanya yaitu media pembelajaran video motivasi dan minat belajar siswa
terhadap kemampuan menulis siswa kelas VIII MTs tahun pelajaran 2013/2014.
Jenis penelitian
ini adalah kuantitatif eksperimen. Penelitian eksperimen dapat didefinisikan
sebagai metode yang dijalankan dengan menggunakan suatu perlakuan (treatment) tertentu. Observasi dalam
penelitian ekperimen dilakukan di bawah kondisi buatan yang diatur oleh
peneliti. Secara umum bagian yang mendapatkan perlakuan dikatakan sebagai
variabel bebas (independent variable),
sedangkan variabel yang diukur atau ditentukan dengan adanya perubahan variasi
independen disebut sebagai variabel terikat (dependent variable).
Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan cara observasi, wawancara,
dan kuesioner. Sedangkan instrument pengumpulan data menggunakan tes dan
nontes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif
dan statistik inferansial. Data yang diperoleh dideskripsikan menurut
masing-masing variabel. Teknik yang dipergunakan untuk menganalisis data
penelitian secara inferensial ini ialah teknik analisis Varian Dua Jalan (ANAVA
Two Way). Pada taraf signifikansi α = 0,05. Jika hasil
menunjukkan adanya perbedaan dan interaksi, maka analisis dilanjutkan dengan
uji Tuckey.
Hasil analisis
data menyimpulkan bahwa: 1) kemampuan menulis siswa yang diajar dengan Model
Pembelajaran Video Motivasi lebih baik dibandingkan siswa yang diajar dengan
Model pemebelajaran Konvensional, 2) kemampuan menulis siswa yang memiliki
minat belajar tinggi lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki minat belajar
rendah, 3) tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran dan minat belajar
dalam mempengaruhi kemampuan menulis siswa.
Dari hasil
analisis data menunjukkan bahwa dari tiga hipotesis yang diajukan terdapat satu
hipotesis yang tidak terbukti, yaitu interaksi antara media pembelajaran video
motivasi dan minat belajar siswa tidak mempengaruhi kemampuan menulis. Hal ini
disebabkan karena tidak semua siswa yang memiliki minat belajar tinggi juga
mempunyai kemampuan menulis yang baik ataupun sebaliknya.
Kata
Kunci:
Media Pembelajaran, Minat, Menulis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar