Senin, 25 Agustus 2014

PENDEKATAN PEMBELAJARAN MODEL VIDEO MOTIVASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT ANAK

ABSTRAK
Fitryani, Eka Nurul. Pengaruh Video Motivasi dan Minat Terhadap Kemampuan Menulis pada Siswa Kelas VIII MTs di Kecamatan Arjosari Pacitan Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2014

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran video motivasi terhadap kemampuan menulis siswa kelas VIII MTs tahun pelajaran 2013/2014, untuk mengetahui adanya pengaruh minat belajar siswa terhadap kemampuan menulis siswa kelas VIII MTs tahun pelajaran 2013/2014, dan untuk mengetahui adanya interaksi antara keduanya yaitu media pembelajaran video motivasi dan minat belajar siswa terhadap kemampuan menulis siswa kelas VIII MTs tahun pelajaran 2013/2014.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Penelitian eksperimen dapat didefinisikan sebagai metode yang dijalankan dengan menggunakan suatu perlakuan (treatment) tertentu. Observasi dalam penelitian ekperimen dilakukan di bawah kondisi buatan yang diatur oleh peneliti. Secara umum bagian yang mendapatkan perlakuan dikatakan sebagai variabel bebas (independent variable), sedangkan variabel yang diukur atau ditentukan dengan adanya perubahan variasi independen disebut sebagai variabel terikat (dependent variable).
Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dan kuesioner. Sedangkan instrument pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferansial. Data yang diperoleh dideskripsikan menurut masing-masing variabel. Teknik yang dipergunakan untuk menganalisis data penelitian secara inferensial ini ialah teknik analisis Varian Dua Jalan (ANAVA Two Way). Pada taraf signifikansi α = 0,05. Jika hasil menunjukkan adanya perbedaan dan interaksi, maka analisis dilanjutkan dengan uji Tuckey.
Hasil analisis data menyimpulkan bahwa: 1) kemampuan menulis siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Video Motivasi lebih baik dibandingkan siswa yang diajar dengan Model pemebelajaran Konvensional, 2) kemampuan menulis siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki minat belajar rendah, 3) tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran dan minat belajar dalam mempengaruhi kemampuan menulis siswa.
Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa dari tiga hipotesis yang diajukan terdapat satu hipotesis yang tidak terbukti, yaitu interaksi antara media pembelajaran video motivasi dan minat belajar siswa tidak mempengaruhi kemampuan menulis. Hal ini disebabkan karena tidak semua siswa yang memiliki minat belajar tinggi juga mempunyai kemampuan menulis yang baik ataupun sebaliknya.

Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Minat, Menulis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar