Jumat, 13 Maret 2015

MPLEMENTASI PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER

IMPLEMENTASI PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER
Eny Setyowati, S.Pd., M.Pd

Agoes Hendriyanto, S.P., M.Pd
NIDN: 0719017103
Email: rafid.musyffa@gmail.

ABSTRAK
Artikel penelitian ini dengan judul: Implementasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah. Artikel ini akan mendeskripsikan Implementasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah khususnya terhadap aspek karakter dan pengetahuan dalam pelaksanaan kurikulum 2013.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Pelaksana kurikulum 2013 untuk tingkat Dasar dan Menengah di Pacitan.  Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif berbentuk studi kasus. Sumber data penelitian ini, yakni informan, peristiwa pembelajaran, dan dokumen terkait teknik cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling.  Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen. Teknik yang digunakan untuk memeriksa kesahihan data, yakni triangulasi data dan triangulasi metodologis.  Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik interaktif dengan langkah-langkah, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi
Dengan kurikulum 2013 sekolah yang melaksanakan implementasi pelaksanaan kurikulum 2013 baik tingkat Dasar dan Menengah banyak mengalami kendala khususnya di tingkat Dasar berkaitan dengan sarana prasarana pembelajaran Sekolah Dasar pinggiran sangat minim sehingga dalam implementasi kurikulum 2013 banyak mengalami kendala.  Selain iu juga pengaturan waktu antara siswa yang masih menggunakan Kurikulum KTSP dengan kelas 1 dan 4 yang telah menggunakan krikulum 2013. Untuk sekolah Menengah yang menjadi kendala adalah buku yang belum mencukupi kebutuhan siswa serta sistem evaluasinya banyak memakan waktu sehingga jam pelajaran di sekolah hanya digunakan untuk mengevaluasi.  


Kata kunci: Implementasi, Kurikulum 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar