Jumat, 13 Maret 2015

PENDIDIKAN KARAKTER PADA PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DENGAN KTSP 2006 Semester genap 2014/2015

PENDIDIKAN KARAKTER PADA PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DENGAN KTSP 2006
Semester genap 2014/2015

Agoes Hendriyanto
PBSI/STKIP PGRI Pacitan
ABSTRAK
Judul artikel Pendidikan karakter pada Pelaksanaan Kurikulum 2013 dan KTSP 2006 Semester Genap 2014/2015. Artikel penelitian  mempunyai tujuan: 1) Untuk menjelaskan Pelaksanaan Kurikulum 2013 dan KTSP 2006 Semester Genap 2014/2015; 2) Dampak penghapusan Nilai Ujian nasional sebagai syarat kelulusan; dan 3) Untuk mengetahui Faktor Eksternal dan Internal yang Mempengaruhi Karakter

Semester genap 2014/2015 satuan pendidikan tingkat SD dan SMP di Kabupaten Pacitan mengunakan 2 kurikulum. Sekolah yang telah menggunakan kurikulum 2013 selama 2 tahun masih mengunakannya. Sedangkan sekolah yang hanya 1 semester pelaksaannya kembali ke Kurikulum K 2006. Perubahan ini membawa dampak positif dan negatif. Dampak positifnya sekolah yang mengalami kendala dalam implementasi kurikulum 2013 merasa cocok jika kembali ke kurikulum KTSP. Sedangkan dampaknya negatifnya sekolah hanya dijadikan objek kajian kurikulum dan rugi waktu, tenaga, dan biaya.
Walaupun demikian ada sebuah kebijakan dengan penghapusan ujian nasional bukan satu-satunya alat untuk kelulusan siswa.  Dengan demikian otoritas sekolah sebagai penyelenggara pendidikan di tingkat satuan pendidikan akan dihargai bukan hanya dengan 3 hari ujian.
Perilaku peserta didik di Tingkat SD dan SMP  di Pacitan sangat dipengaruhi oleh: 1)  faktor internal Individu yang merupakan fitrah Ilahi yang nerupakan faktor pembawaan dari orangtua; dan 2) faktor eksternal yang berasal dari luar dirinya berarti dari lingkungan sosial seperti: keharhomisan keluarga, ekonomi cukup, kondisi geografis, dan lingkungan budaya.

Kata kunci: Karakter, Kurikulum, dan Peserta Didik

ABSTRACT

               Education Article title character on the Implementation of Curriculum 2013 and KTSP 2006 Semester 2014/2015 . Article research objectives: 1 ) To explain the implementation of Curriculum 2013 and SBC 2006 Semester 2014/2015; 2 ) The impact of the abolition of the national Test Scores as a condition of graduation; and 3 ) To determine the External and Internal Factors Affecting Character
               Semester 2014/2015 education units elementary and junior high schools in Pacitan using 2 curriculum. Schools that have used the curriculum in 2013 for 2 years still use it. While schools are only one half of curriculum implementation is returned to the KTSP 2006. This change brings the positive and negative impacts . The positive impact schools have constraints in the implementation of the curriculum in 2013 was matched if returned to the curriculum KTSP. While the negative impact of school just as object of study curriculum and loss of time, effort, and cost .
               However there is a policy with the elimination of national exams are not the only tool for student graduation. Thus the school authorities as providers of education at the level of education units will be rewarded not only with a 3 day test.
               The behavior of learners at the level of elementary and junior high schools in Pacitan is strongly influenced by: 1 ) internal factors Individuals who are divine nature nerupakan innate factors of the parents; and 2 ) external factors that come from outside her means of social environment such as: family, sufficient economic, geographical, and cultural environments .


Keywords : Character , Curriculum , and Students

Tidak ada komentar:

Posting Komentar