PENDIDIKAN KARAKTER PADA PELAKSANAAN KURIKULUM 2013
DENGAN KTSP 2006
Semester genap 2014/2015
Agoes Hendriyanto
PBSI/STKIP PGRI Pacitan
ABSTRAK
Judul artikel Pendidikan karakter pada Pelaksanaan Kurikulum 2013 dan KTSP
2006 Semester Genap 2014/2015. Artikel
penelitian mempunyai tujuan: 1) Untuk
menjelaskan Pelaksanaan Kurikulum 2013 dan KTSP 2006 Semester Genap 2014/2015; 2) Dampak penghapusan Nilai Ujian nasional sebagai syarat
kelulusan; dan 3) Untuk mengetahui Faktor Eksternal dan Internal yang Mempengaruhi
Karakter
Semester genap 2014/2015 satuan pendidikan
tingkat SD dan SMP di Kabupaten Pacitan mengunakan 2 kurikulum. Sekolah yang
telah menggunakan kurikulum 2013 selama 2 tahun masih mengunakannya. Sedangkan
sekolah yang hanya 1 semester pelaksaannya kembali ke Kurikulum K 2006.
Perubahan ini membawa dampak positif dan negatif. Dampak positifnya sekolah
yang mengalami kendala dalam implementasi kurikulum 2013 merasa cocok jika
kembali ke kurikulum KTSP. Sedangkan dampaknya negatifnya sekolah hanya dijadikan
objek kajian kurikulum dan rugi waktu, tenaga, dan biaya.
Walaupun demikian ada sebuah kebijakan dengan
penghapusan ujian nasional bukan satu-satunya alat untuk kelulusan siswa. Dengan demikian otoritas sekolah sebagai
penyelenggara pendidikan di tingkat satuan pendidikan akan dihargai bukan hanya
dengan 3 hari ujian.
Perilaku
peserta didik di Tingkat SD dan SMP di
Pacitan sangat dipengaruhi oleh: 1)
faktor internal Individu yang merupakan fitrah Ilahi yang nerupakan
faktor pembawaan dari orangtua; dan 2) faktor eksternal yang berasal dari luar
dirinya berarti dari lingkungan sosial seperti: keharhomisan keluarga, ekonomi
cukup, kondisi geografis, dan lingkungan budaya.
Kata kunci:
Karakter, Kurikulum, dan Peserta Didik
ABSTRACT
Education Article title
character on the Implementation of Curriculum 2013 and KTSP 2006 Semester
2014/2015 . Article research objectives: 1 ) To explain the implementation of
Curriculum 2013 and SBC 2006 Semester 2014/2015; 2 ) The impact of the
abolition of the national Test Scores as a condition of graduation; and 3 ) To
determine the External and Internal Factors Affecting Character
Semester 2014/2015
education units elementary and junior high schools in Pacitan using 2
curriculum. Schools that have used the curriculum in 2013 for 2 years still use
it. While schools are only one half of curriculum implementation is returned to
the KTSP 2006. This change brings the positive and negative impacts . The
positive impact schools have constraints in the implementation of the
curriculum in 2013 was matched if returned to the curriculum KTSP. While the
negative impact of school just as object of study curriculum and loss of time,
effort, and cost .
However there is a
policy with the elimination of national exams are not the only tool for student
graduation. Thus the school authorities as providers of education at the level
of education units will be rewarded not only with a 3 day test.
The behavior of
learners at the level of elementary and junior high schools in Pacitan is strongly
influenced by: 1 ) internal factors Individuals who are divine nature nerupakan
innate factors of the parents; and 2 ) external factors that come from outside
her means of social environment such as: family, sufficient economic,
geographical, and cultural environments .
Keywords : Character ,
Curriculum , and Students
Tidak ada komentar:
Posting Komentar