Agoes Hendriyanto. NIDN
0719017103. 2012. Pengaruh Strategi
Komposisi Terkendali dan Terarah
dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Menulis Kesimpulan secara Deduktif dan deduktif (Eksperimen pada Siswa
Kelas 11
di SMKN 1, Kab.
Pacitan).
ABSTRAK
Adapun tujuan
pembelajaran bahasa Indonesia adalah meningkatkan keterampilan berbahasa secara
lisan dan tertulis yang diharapkan dapat menggunakan bahasa sebagai alat
komunikasi dan sarana pemahaman terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kemampuan menulis sangat diperlukan guna
meningkatkan kualitas sumber daya manusia
sangat erat kaitannya dengan kemampuan untuk membaca. Kemampuan membaca yang tinggi
memungkinkan semakin banyak memori dalam
otaknya yang masuk, memiliki banyak perbendaharaan kata, ejaan, dan kemampuan untuk membuat ide baru sehingga akan diwujudkan dalam kemampuan menulis yang tinggi.
otaknya yang masuk, memiliki banyak perbendaharaan kata, ejaan, dan kemampuan untuk membuat ide baru sehingga akan diwujudkan dalam kemampuan menulis yang tinggi.
Tujuan
penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan menulis antara siswa yang diajar dengan strategi
komposisi terkendali dan terarah dengan yang menggunakan strategi
pembelajaran Konvensional; (2) Perbedaan kemampuan menulis antara siswa yang mempunyai motivasi berprestasi
tinggi dengan siswa yang mempunyai motivasi berprestasi rendah; dan (3) Interaksi antara strategi
pembelajaran dan motivasi berprestasi
dalam mempengaruhi kemampuan berbicara. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2 X 2.
Berdasarkan hasil temuan
penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) perbedaan kemampuan menulis antara siswa yang diajar
dengan strategi komposisi
terkendali dan terencana lebih tinggi jika dibandingkan dengan
yang menggunakan pembelajaran Konvensional; (2) perbedaan kemampuan menulis antara siswa yang mempunyai
motivasi berprestasi tinggi lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang mempunyai motivasi berprestasi
rendah; dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi
berprestasi dalam mempengaruhi kemampuan menulis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar