Jumat, 13 Maret 2015

Agoes Hendriyanto. NIDN 0719017103. 2012

Agoes  Hendriyanto. NIDN 0719017103.  2012. Pengaruh Strategi Komposisi Terkendali dan Terarah dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Menulis Kesimpulan secara Deduktif dan deduktif (Eksperimen pada Siswa Kelas 11 di SMKN 1, Kab. Pacitan).
ABSTRAK
Adapun tujuan pembelajaran bahasa Indonesia adalah meningkatkan keterampilan berbahasa secara lisan dan tertulis yang diharapkan dapat menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi dan sarana pemahaman terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemampuan menulis sangat diperlukan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia sangat erat kaitannya dengan kemampuan untuk membaca. Kemampuan membaca yang tinggi memungkinkan semakin banyak memori dalam
otaknya yang masuk, memiliki banyak perbendaharaan kata, ejaan, dan kemampuan untuk membuat ide baru sehingga akan diwujudkan dalam kemampuan menulis yang tinggi.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan menulis antara  siswa yang diajar dengan  strategi komposisi terkendali dan terarah  dengan  yang menggunakan   strategi pembelajaran Konvensional; (2) Perbedaan kemampuan menulis antara  siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi dengan siswa yang mempunyai motivasi berprestasi  rendah; dan (3) Interaksi antara  strategi pembelajaran  dan motivasi berprestasi dalam mempengaruhi kemampuan berbicara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain faktorial  2 X 2.
Berdasarkan hasil temuan penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) perbedaan kemampuan menulis antara   siswa yang diajar dengan strategi komposisi terkendali dan terencana lebih tinggi jika dibandingkan  dengan  yang menggunakan pembelajaran Konvensional; (2) perbedaan kemampuan menulis antara  siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang mempunyai motivasi berprestasi rendah; dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran  dan motivasi berprestasi dalam mempengaruhi kemampuan menulis.

Kata Kunci:  Strategi Komposisi Terkendali dan Terarah,  Motivasi Berprestasi, Kemampuan menulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar